Asuransi Pengiriman Barang: Jenis, Syarat, & Cara Hitung

Asuransi Pengiriman Barang

Pengiriman barang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari bisnis modern. Baik itu bagi pebisnis di e-commerce (Tokopedia, Shopee, Lazada), produsen, atau pun perusahaan logistik mengirimkan ribuan produk setiap harinya, sehingga menjadikan pengiriman barang sebagai elemen penting dalam rantai pasokan.

Namun, dalam proses pengiriman ini, terdapat berbagai risiko yang dapat mengancam keamanan dan kelengkapan barang yang dikirimkan. Inilah sebabnya mengapa asuransi pengiriman barang menjadi sangat penting. 

Asuransi pengiriman barang, tak hanya tersedia di jasa ekspedisi reguler saja. Namun, jasa ekspedisi cargo dengan spesialis pengiriman barang besar, umumnya juga menyediakan layanan yang satu ini.

Yuk, simak artikel  ini untuk mengetahui info lengkap seputar asuransi dalam pengiriman barang!

Apa itu Asuransi Pengiriman Barang?

Asuransi pengiriman barang adalah bentuk perlindungan yang ditawarkan kepada pemilik barang atau pengirim untuk menghindari kerugian finansial yang dapat terjadi selama proses pengiriman. Risiko yang mungkin terjadi termasuk kerusakan, hilang, atau pencurian barang.

Baca juga:

Pentingnya Asuransi dalam Proses Pengiriman Barang

Sebagai pengirim barang, tentu Anda ingin barang Anda bisa sampai dengan aman tanpa ada kerusakan. Namun, hal tak terduga mungkin saja terjadi saat proses pengiriman barang. Baik itu dari faktor kendaraan atau pun faktor yang tidak bisa dihindari seperti cuaca.

Maka dari itu, Anda perlu mengasuransikan barang Anda agar pengiriman door to door lebih aman dan Anda pun tidak perlu merasa cemas lagi.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa asuransi pengiriman barang begitu penting.

Barang yang dikirim melalui berbagai moda transportasi seperti kapal, pesawat, truk, atau kereta api memiliki kemungkinan dapat mengalami kerusakan selama perjalanan. Asuransi ini memberikan perlindungan finansial terhadap kerugian yang disebabkan oleh kerusakan barang.

Barang-barang yang ditinggalkan tanpa pengawasan selama perjalanan dapat menjadi target pencurian. Asuransi pengiriman barang dapat membantu mengatasi risiko pencurian barang yang hilang.

Cuaca buruk atau bencana alam dapat menyebabkan kerusakan pada barang selama pengiriman. Asuransi dapat memberikan perlindungan terhadap risiko cuaca ekstrem.

Dalam bisnis, menjaga kepuasan pelanggan adalah kunci untuk mempertahankan pelanggan dan membangun reputasi yang baik. Dengan asuransi pengiriman barang, perusahaan dapat menghindari konflik dan ketidakpuasan pelanggan yang mungkin terjadi akibat kerugian barang selama pengiriman.

Itulah beberapa alasan mengapa penting mengasuransikan barang Anda dalam proses pengiriman barang. Adanya asuransi ini tentunya memberikan keuntungan untuk pengirim.

Baca juga:

Jenis Asuransi Pengiriman Barang Secara Umum

Kirim Barang Aman dengan Asuransi

Secara umum, asuransi terbagi menjadi tiga jenis utama, yaitu asuransi darat, asuransi laut, dan asuransi udara. Setiap jenis asuransi ini dirancang untuk memberikan perlindungan terhadap risiko yang khusus terkait dengan moda transportasi dan lingkungan pengiriman yang berbeda.

Berikut adalah penjelasan singkat tentang masing-masing jenis asuransi tersebut:

Asuransi darat adalah jenis asuransi yang memberikan perlindungan terhadap risiko yang terkait dengan pengiriman barang melalui moda transportasi darat, seperti truk dan kereta api. Ini mencakup pengiriman melalui jalan raya dan rel kereta api.

Asuransi darat dapat melindungi terhadap risiko kerusakan barang selama pengiriman, pencurian, kecelakaan truk, atau risiko lain yang terjadi di darat.

Asuransi pengiriman barang selanjutnya adalah asuransi laut. Asuransi ini juga dikenal sebagai asuransi kargo laut, adalah jenis asuransi yang ditujukan untuk pengiriman barang melalui laut, seperti kapal kargo, kapal pelni, atau kapal roro.

Asuransi laut mencakup risiko seperti kerusakan barang selama pengiriman laut, kecelakaan kapal seperti tenggelam atau kandas, kapal kebakaran, hilangnya barang di laut, kerusakan akibat cuaca buruk seperti badai dan petir yang menimbulkan goncangan pada kapal, dan risiko terkait laut lainnya.

Selain itu, misal dalam keadaan tertentu yang mengharuskan membuang barang kiriman ke laut guna menyelamatkan kapal, juga masuk dalam asuransi ini. Kemudian, proses bongkar muat di pelabuhan, misal karena tertahan juga termasuk mendapatkan asuransi ini.

Asuransi udara adalah jenis asuransi yang memberikan perlindungan terhadap risiko yang terkait dengan pengiriman barang melalui moda transportasi udara, seperti pesawat kargo.

Asuransi udara mencakup risiko seperti kerusakan barang selama pengiriman udara, hilangnya barang dalam perjalanan, risiko terkait cuaca ekstrem dalam penerbangan, dan risiko terkait dengan operasi bandara.

Nah,  itulah beberapa jenis asuransi yang umum digunakan dalam proses pengiriman barang berdasarkan jalur pengiriman yang digunakan. Anda perlu memahami lebih lanjut mengenai asuransi ini. Dengan demikian, Anda dapat menjaga keamanan barang selama proses pengiriman dan mengurangi potensi kerugian finansial.

Syarat Pengajuan Klaim Asuransi Pengiriman Barang

Bagaimana cara mengajukan klaim asuransi barang yang rusak? Jika Anda menggunakan SNG Logistic, berikut syarat pengajuan yang perlu Anda persiapkan agar Anda bisa klaim kerusakan pada barang Anda.

  1.   Polis yang diterbitkan dari pihak asuransi
  2.   Surat/Form Pengajuan Claim disertai nominal klaim yang diajukan (Terlampir)
  3.   Berita Acara/Kronologi Kejadian
  4.   Estimasi Kerugian secara tertulis
  5.   Invoice Barang
  6.   Delivery Order/Surat jalan
  7.   Bill of lading
  8.   Packing list/Laporan pemuatan barang
  9.   Berita acara serah terima barang (yang menyatakan sebagian barang diterima dalam kondisi rusak)
  10. Surat tuntutan pada pengangkut

Maka dari itu, tidak perlu heran jika pada saat Anda ingin mengasuransikan barang Anda, Anda akan ditanyakan nilai barang Anda. Anda diwajibkan menyebutkan nilai barang secara jujur tanpa adanya pengurangan atau penambahan nilai barang.

Mengapa? Karena nilai barang ini akan berpengaruh pada perhitungan persentase asuransi pengiriman barang Anda. Jika Anda mengisi nilai barang dengan tepat atau secara jujur, ketika barang mengalami kerusakan atau hilang, Anda tidak akan merasa dirugikan, karena penggantian tersebut sesuai dengan nilai barang yang Anda kirim.

Baca juga:

Contoh Penghitungan Asuransi

Asuransi Pengiriman Barang Cargo

Asuransi pengiriman, dengan beragam jenisnya, memainkan peran yang signifikan dalam mengurangi potensi kerugian finansial yang dapat terjadi akibat kerusakan, pencurian, atau kejadian tak terduga lainnya selama barang berada dalam perjalanan hingga sampai ke penerima.

Lalu, bagaimana cara menghitung biaya asuransi pengiriman barang? Caranya cukup mudah dan Anda wajib mengetahui cara perhitungan biaya asuransi ini sebelum Anda melakukan pengiriman barang. Perlu Anda ketahui bahwasanya ada besaran biaya asuransi tambahan senilai 0,3% dari nilai barang yang diasuransikan.

Untuk cara perhitungan asuransi pengiriman barang, Anda bisa mengetahuinya di bawah ini.

Rumus Menghitung Premi Asuransi:

Nilai Barang x 0,3% = premi yang harus dibayar

Contoh:

Misal Anda ingin menghitung asuransi pengiriman barang elektronik berupa mesin cuci seharga Rp6.000.000. Maka penghitungan premi asuransinya adalah:

Rp6.000.000 x 0,3% = Rp18.000

Jadi, premi asuransi yang harus Anda bayarkan adalah Rp18.000. Dengan mengasuransikan barang Anda, tentu keamanan barang Anda akan lebih terjamin, apalagi biaya premi yang dibayar cukup terjangkau.

Nah, itulah penjelasan mengenai asuransi pengiriman barang, beserta cara menghitung preminya. Di SNG Logistic sendiri, kami selalu menyediakan asuransi untuk melindungi barang Anda dan tentunya ini mampu mengurangi risiko kerugian untuk Anda.

Namun, tidak semua jenis barang bisa ter-cover asuransi. Maka dari itu, saat Anda melakukan pemesanan ke marketing kami, Anda akan diinfokan apakah barang yang Anda kirim bisa diasuransikan atau tidak.

Pastinya, dengan biaya premi yang terjangkau ini, Anda tidak perlu ragu lagi untuk mengasuransikan barang Anda. Anda pun akan merasa lebih aman, apapun risiko yang terjadi selama proses pengiriman. Untuk informasi dan pemesanan jasa dari SNG Logistic, silahkan klik banner di bawah ini!

Asuransi Kirim Barang

Author :
Siti L. Latifah
Siti L. Latifah
SEO Content Writer
Siti L. Latifah, mengawali karir kepenulisannya pada 2019, dan telah menjadi kontributor berpengalaman di berbagai media. Sejak 2022 fokus dalam industri kargo dan logistik. Dengan latar belakang sastra dan wawasan mendalam tentang logistik, tulisannya dapat dijadikan sumber terpercaya untuk informasi terkini di dunia kargo dan logistik Indonesia. Mari terhubung!
Facebook Siti L. Latifah Linkedin Siti L. Latifah
Tag : SNG Cargo, SNG Logistic
Bagikan :
Related Posts :
Panduan Pengiriman Barang
Panduan Pengiriman Barang
Jasa Ekspedisi SNG Logistic merupakan solusi terbaik bagi Anda yang tak mau repot melakukan pengiriman barang, baik untuk keperluan pribadi atau bisnis....
Corporate & Projects Cargo
Corporate & Projects Cargo
Layanan Cargo Murah SNG Logistic telah membuktikan profesionalitasnya dalam hal pengiriman logistik ke berbagai daerah. Dengan jangkauan yang luas, perusahaan...
Keuntungan menggunakan layanan SNG Logistic
Keuntungan menggunakan layanan SNG Logistic
Seiring pesatnya pertumbuhan bisnis dan ekonomi, permintaan masyarakat akan layanan pengiriman barang dari satu tempat ke tempat lain pun semakin tinggi....
Ongkir Jakarta Tasikmalaya Termurah 4 Hari Sampai!
Ongkir Jakarta Tasikmalaya Termurah 4 Hari Sampai!
Ongkir Jakarta Tasikmalaya memang menjadi salah satu pertimbangan bagi para pengirim barang. Apalagi bagi mereka yang memiliki budget minim tapi ingin...
Our Customer
PT. Sumber Alfaria Trijaya .Tbk PT. Pupuk Kaltim PT. Pertamina Gas PT. PESONNA OPTIMA JASA PT. NOVO COMPLAST INDONESIA PT. MONG KREASI INDONESIA PT. MENTARI BOOKS INDONESIA LEN LOGISTIC KOMPAS TV PT. KAERCHER INDONESIA INDO THERAPY IKEA ALAM SUTERA PT. GROWING RICH PT. CARDIG LOGISTIC INDONESIA PT. BOILERMECH MANUFACTURING INDONESIA PT. ANTAM Tbk PT. ALTRAK 1978 PT. ALITA PRAYA MITRA KOMISI PEMILIHAN UMUM
Customer Service
Marketing :