Nama Pelabuhan Makassar, ini Daftar Lengkapnya!

Nama Pelabuhan Makassar

Nama Pelabuhan Makassar - Makassar yang juga dikenal sebagai Kota Daeng, merupakan salah satu kota terbesar dan terpenting di Indonesia yang terletak di Sulawesi Selatan. Kota ini memiliki potensi yang kuat dalam dunia bisnis dengan sejumlah keunggulan yang membuatnya menonjol di antara kota-kota lainnya. 

Makassar memiliki posisi geografis yang strategis sebagai gerbang utama untuk menghubungkan pulau Jawa dan Sumatera dengan wilayah timur Indonesia. Letaknya yang strategis menjadikan Makassar sebagai pusat logistik dan distribusi barang di kawasan timur Indonesia. Maka dari itu, Makassar menjadi pusat perdagangan dan investasi yang penting di wilayah timur Indonesia.

Melihat lokasinya yang strategis, tentu pemerintah terus berupaya membangun infrastruktur untuk mendukung kegiatan bisnis atau perdagangan di kota ini. Salah satu fasilitas yang mendukung perkembangan bisnis di kota ini adalah pelabuhan kapal laut, baik itu pelabuhan peti kemas/kargo atau pelabuhan penumpang.

Seperti yang kita tahu, Makassar memiliki pelabuhan yang sangat terkenal yaitu pelabuhan Makassar namanya, atau juga dikenal dengan Pelabuhan Soekarno Hatta. Pelabuhan Soekarno Hatta merupakan salah satu pelabuhan terbesar dan tersibuk di Indonesia.

Pelabuhan ini menjadi pintu gerbang penting untuk ekspor dan impor barang ke dan dari wilayah timur Indonesia, sehingga banyak berbagai jenis kapal yang transit di pelabuhan ini, seperti kapal roro, kapal feri, kapal pesiar, dan lain sebagainya. Kehadiran pelabuhan internasional memudahkan aksesibilitas dalam pengiriman barang atau tempat penyeberangan penumpang.

Namun, pelabuhan yang ada di Makassar bukan hanya Pelabuhan Soekarno Hatta, tapi ada pelabuhan lain juga. Apa nama pelabuhan di Makassar? Berikut akan kami informasikan megenai apa saja nama pelabuhan Makassar.

Baca juga:

Daftar Nama Pelabuhan Makassar Beserta Alamatnya

Berikut adalah daftar lengkap nama pelabuhan yang ada di kota Makassar:

  1. Pelabuhan Soekarno Hatta

Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar

Pertama, pelabuhan yang ada di Makassar adalah Pelabuhan Soekarno Hatta. Pelabuhan ini juga dikenal dengan nama Pelabuhan Makassar. Berdasarkan laman resmi Pelindo, pelabuhan ini memiliki lalu lintas penumpang yang tinggi dan menjadi pelabuhan kargo terbesar di Sulawesi. Kementrian Perhubungan menjadikan Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar sebagai pelabuhan kelas utama. 

Pelabuhan Soekarno Hatta memiliki dua dermaga utama, yaitu Dermaga Soekarno dan Dermaga Hatta. Dermaga Soekarno memiliki panjang hingga 1.460 meter dan lebar 11 meter. Layanan yang tersedia di sini adalah untuk aktivitas bongkar muat kapal largo umum dan layanan penumpang kapal. Sementara, untuk Dermaga Hatta memiliki panjang 574 meter dan lebar 10 meter. Dermaga ini diperuntukkan untuk bongkar muat peti kemas dan barang curah kering.

Sejak dulu, pelabuhan ini menjadi pusat perdagangan, karena Pelabuhan Soekarno Hatta merupakan pelabuhan terbesar di kawasan timur Indonesia. Sebagai pelabuhan besar, terminal penumpangnya memiliki luas 6.608 meter persegi dengan kapasitas penumpang sebanyak 4.806 orang. Sementara untuk terminal kendaraannya memiliki luas 10.815 dengan kapasitas kendaraan yang bisa ditampang sebanyak 40.000 unit per tahun. Selain itu, pelabuhan ini memiliki area lapangan penumpukan container seluas 56.812 meter persegi.

Pelabuhan Soekarno Hatta beralamat di Jl. Nusantara No.378, Butung, Kec. Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90173.

  1. Pelabuhan Paotere

Pelabuhan Paotere Makassar

Nama pelabuhan Makassar selanjutnya adalah Pelabuhan Paotere. Pelabuhan yang terletak di bagian utara Kota Makassar ini menjadi tempat berlabuhnya kapal-kapal tradisional yang masih beroperasi, seperti katinting, phinisi, karoro, dan lain sebagainya. Sebagian besar masyarakat yang ada di sini adalah nelayan, karena pelabuhan Paotere ini didominasi oleh aktivitas perikanan. 

Biasanya kapal-kapal tradisional yang ada di sana digunakan untuk memuat hasil tangkapan ikan para nelayan. Sementara, untuk kapal yang ukurannya lebih besaar biasanya digunakan untuk memuat barang-barang yang lebih besar, seperti pupuk, semen, dan lain sebagainya.

Pelabuhan Paotere beralamat di Jl. Sabutung, Desa Gusung, Kec. Ujung Tanah, Kota Makassar.

Baca juga:

  1. Pelabuhan Popsa

Pelabuhan Popsa

Berikutnya, nama pelabuhan Makassar adalah Pelabuhan Popsa. Terletak tepat di depan Benteng Fort Rotterdam, Makassaar ini biasanya digunakan sebagai tempat berlabuh kapal-kapal sejenis speed boat.

Kapal-kapal yang ada di sini hanya memberikan layanan untuk menyeberang ke pulau-pulau kecil di sekitar Makassar, seperti Pulau Lae-lae, Samalona, Gusung, dan lain sekitarnya. Penyeberangan dilakukan menggunakan speed boat yang berlabuh di Pelabuhan Popsa.

Pelabuhan Popsa beralamat di Jl. Ujung Pandang No.4, Bulo Gading, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90111.

  1. Pelabuhan Kayu Bangkoa

Pelabuhan Kayu Bangkoa Makassar

Nama pelabuhan Makassar selanjutnya adalah Pelabuhan Kayu Bangkoa. Pelabuhan ini terletak tak jauh dari Pelabuhan Pospa. Kapal-kapal yang berlabuh di sini adalah kapal kecil seperti speed boat. Sama seperti di Pelabuhan Popsa, biasanya masyarakat menyeberang ke pulau-pulau kecil di sekitar Kota Makassar melalui Pelabuhan Kayu Bangkoa ini menggunakan speed boat.

Pelabuhan Kayu Bangkoa beralamat di Bulo Gading, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90174.

  1. Pelabuhan Ikan Lelong

Pelabuhan Ikan Lelong

Lalu, di Makassar adalah Pelabuhan Ikan Lelong. Seperti Namanya, pelabuhan ini digunakan khusus untuk nelayan yang ingin menjual hasil tangkapan ikannya di Pasar Lelong. Biasanya, di pagi hari pelabuhan ini ramai didatangi para nelayan yang membawa hasil tangkapannya di laut. Jadi, di Pelabuhan Ikan Lelong hanya berisi aktivitas jual beli hasil tangkapan nelayan, seperti cumi, udang, berbagai macam ikan, dan lain sebagainya.

Baca juga:

  1. Pelabuhan Desa Nelayan

Pelabuhan Desa Nelayan Untia

Nama pelabuhan Makassar selanjutnya adalah Pelabuhan Desa Nelayan. Pelabuhan ini juga dikenal dengan sebutan Salodong. Terletak di daerah pinggir tol Kota Makassar, sebagian besar masyarakat yang tingga di desa ini berprofesi sebagai nelayan. Maka dari itu, pelabuhan ini biasanya dijadikan tempat berlabuh para nelayan yang telah selesai menangkap hasil ikannya di laut. Namun, saat ini Pelabuhan Desa Nelayan banyak dijadikan spot hunting foto oleh anak-anak muda.

  1. Pelabuhan Lakkang

Pelabuhan Lakkang

Kemudian, di Kota Makassar terdapat pelabuhan baru yang berada di Kecamatan Tallo dan baru diresmikan pada tahun 2021, yaitu Pelabuhan Lakkang.  Pelabuhan ini terletak di belakang Kampung Kera-Kera, Tamalanrea. Dengan adanya pelabuhan ini memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin menyeberang ke pulau sekitar.

Agar dermaga dapat digunakan dengan maksimal, Pemkot berencana segera menyiapkan jalan penghubung dari dermaga baru ke pusat pemungkiman warga. Terletak tidak jauh dari Universitas Hasanuddin, Lakkang sering menjadi tempat penelitian mahasiswa universitas tersebut karena terdapat tempat peninggalan sejarah.

  1. Pelabuhan Angin Mamiri

Pelabuhan Angin Mamiri

Nama pelabuhan Makassar selanjutnya adalah Pelabuhan Anging Mamiri. Pelabuhan ini terletak tidak jauh dari Pelabuhan Soekarno Hatta, tepatnya di Selat, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Pelabuhan ini menjadi salah satu nama pelabuhan pelni Makassar yang menjadi tempat bersandar beberapa kapal milik PT Pelni. Untuk aktivitas di pelabuhan ini, cenderung sebagai pelabuhan penyeberangan penumpang. Namun, terkadang juga tersedia untuk keperluan pengiriman barang.

Demikian informasi mengenai nama pelabuhan Makassar. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan seputar pelabuhan yang ada di Makassar.

Butuh pengiriman barang ke Makassar? SNG Logistic Aja! Kami menyediakan layanan cargo murah via laut ke Makassar. Mulai dari Rp2.500/kg, Anda bisa kirim berbagai macam barang Anda ke Makassar. Info lebih lanjut, silakan hubungi CS kami di nomor 0811-9000-7775.

Nama pelabuhan di Makassar

 

Author :
Siti L. Latifah
Siti L. Latifah
SEO Content Writer
Siti L. Latifah, mengawali karir kepenulisannya pada 2019, dan telah menjadi kontributor berpengalaman di berbagai media. Sejak 2022 fokus dalam industri kargo dan logistik. Dengan latar belakang sastra dan wawasan mendalam tentang logistik, tulisannya dapat dijadikan sumber terpercaya untuk informasi terkini di dunia kargo dan logistik Indonesia. Mari terhubung!
Facebook Siti L. Latifah Linkedin Siti L. Latifah
Tag : SNG Cargo, SNG Logistic
Bagikan :
Related Posts :
Panduan Pengiriman Barang
Panduan Pengiriman Barang
Jasa Ekspedisi SNG Logistic merupakan solusi terbaik bagi Anda yang tak mau repot melakukan pengiriman barang, baik untuk keperluan pribadi atau bisnis....
Corporate & Projects Cargo
Corporate & Projects Cargo
Layanan Cargo Murah SNG Logistic telah membuktikan profesionalitasnya dalam hal pengiriman logistik ke berbagai daerah. Dengan jangkauan yang luas, perusahaan...
Keuntungan menggunakan layanan SNG Logistic
Keuntungan menggunakan layanan SNG Logistic
Seiring pesatnya pertumbuhan bisnis dan ekonomi, permintaan masyarakat akan layanan pengiriman barang dari satu tempat ke tempat lain pun semakin tinggi....
Ongkir Jakarta Nganjuk Jawa Timur Termurah
Ongkir Jakarta Nganjuk Jawa Timur Termurah
Ongkir Jakarta Nganjuk - SNG Logistic menyediakan layanan pengiriman barang dari Jakarta ke Nganjuk. Pengiriman dari ibu kota Indonesia ini memang...
Our Customer
PT. Sumber Alfaria Trijaya .Tbk PT. Pupuk Kaltim PT. Pertamina Gas PT. PESONNA OPTIMA JASA PT. NOVO COMPLAST INDONESIA PT. MONG KREASI INDONESIA PT. MENTARI BOOKS INDONESIA LEN LOGISTIC KOMPAS TV PT. KAERCHER INDONESIA INDO THERAPY IKEA ALAM SUTERA PT. GROWING RICH PT. CARDIG LOGISTIC INDONESIA PT. BOILERMECH MANUFACTURING INDONESIA PT. ANTAM Tbk PT. ALTRAK 1978 PT. ALITA PRAYA MITRA KOMISI PEMILIHAN UMUM
Customer Service
Marketing :