Tips Cara Packing Barang Elektronik yang benar dan aman.

Tips Ampuh Packing Elektronik biar Lebih Aman di Pengiriman

Tidak dapat dipungkiri, kemajuan teknologi yang semakin meningkat pesat telah membuat perubahan dalam keseharian hidup kita. Seisi rumah satu per satu mengalami pembaharuan dalam bentuk alat/perangkat elektronik baru yang sudah lebih upgrade menyesuaikan perkembangan zaman. Mulai dari penanak nasi yang diganti dengan rice cooker/magic com, telepon yang diganti dengan handphone/smartphone, TV yang diganti dengan Smart TV, komputer yang diganti dengan laptop, kipas angin yang diganti dengan AC, dan alat/perangkat elektronik lainnya. Rata-rata semua alat/perangkat yang ada di rumah kita telah tergantikan oleh elektronik masa kini yang penuh dengan perkembangan teknologi terbaru.

Alasan pembaharuan alat/perangkat elektronik pun tentunya akan bermacam-macam, bergantung pada kebutuhan dari individu itu sendiri. Tapi, tidak ada salahnya, jika Anda ingin menghadiahi aneka alat/perangkat elektronik baru untuk orang tua Anda di kampung halaman sebagai bentuk perhatian Anda. Hadiah elektronik yang Anda berikan akan semakin sempurna jika sampai dalam keadaan selamat dan aman sampai di rumah orang tua Anda. Untuk itu, ada hal-hal penting yang harus Anda perhatikan ketika mengemas alat/perangkat elektronik yang akan Anda kirimkan. Berbeda dari barang-barang tekstil atau lainnya, mengemas elektronik itu bisa dibilang paling kompleks di antara semua tingkat pengemasan. Saat mengemas alat/perangkat elektronik, Anda membutuhkan teknik atau trik-trik khusus agar pengiriman alat/pengiriman elektronik Anda aman. Pengiriman elektronik yang aman adalah kunci agar alat/perangkat elektronik tiba dalam keadaan berfungsi sebagaimana semestinya.

Langkah-langkah yang benar melakukan pengemasan atau packing barang elektronik.

Gunakan panduan ini agar proses pengiriman elektronik Anda lancar serta untuk meminimalisir dan mencegah kerusakan akibat benturan atau guncangan selama dalam perjalanan:

1. Pisahkan aksesoris elektronik

Sebagian besar elektronik dilengkapi dengan kabel pengisi daya. Untuk perlengkapan lainnya, mungkin ada sejumlah aksesori tambahan. Anda bisa membungkusnya secara terpisah dan masukkan ke dalam kardus.

2. Amankan baterai pada elektronik

Potensi resiko percikan dan ledakan bisa saja terjadi jika Anda menggunakan transportasi udara. Oleh karena itu, sebaiknya baterai pada elektronik dilepas dan dikemas dengan benar secara terpisah. Anda bisa membungkus atau menutupi setiap baterai dalam bahan berinsulasi dan non-konduktif. Tujuannya adalah untuk memastikan setiap terminal yang terbuka terlindungi.

3. Perhatikan elektronik yang memiliki sensivitas khusus

Setiap jenis elektronik memiliki cara yang berbeda dalam pengemasannya. Pastikan Anda membaca petunjuk yang terdapat pada buku panduan elektronik Anda. Lakukan tindakan pencegahan untuk melindungi elektronik Anda dari kondisi khusus yang akan membahayakan elektronik Anda.

4. Pilih kardus yang tepat

Seperti halnya pagar rumah, kardus adalah garis pertahanan pertama untuk melindungi elektronik Anda. Ingat! Tidak ada seorang pun yang ingin memberi atau menerima elektronik yang hancur atau rusak akibat proses pengiriman. Anda dapat menggunakan kardus yang lebih tebal dengan dua layer atau karton bergelombang. Hindari kardus yang terlalu besar karena akan memberikan terlalu banyak ruang yang membuat alat/perangkat elektronik bergerak di dalamnya. Hindari juga kardus yang terlalu kecil karena mereka dapat menekan sisi kardus.

5. Gunakan bubble wrap sebagai ekstra pelindung

Untuk memastikan semua sisi alat/perangkat elektronik Anda tertutupi gunakan lapisan bubble wrap yang tebal. Ini akan berguna untuk mencegah kardus terkelupas atau tertusuk. Menutupi elektronik Anda dengan bubble wrap akan menjaga mereka aman dari listrik statis dan panas berlebih. Bubble wrap juga bisa digunakan sebagai bantalan untuk mengisi ruang kosong yang tersisa di kardus. Jangan pernah menggunakan koran untuk menutupi layar karena ia akan mudah menggores layar.

6. Tutup semuanya menggunakan kemasan plastik

Ketika Anda menggunakan plastik sebagai pelengkap packing Anda, Anda telah memberikan perlindungan tambahan untuk mencegah dan berjaga-jaga agar air yang berasal dari luar tidak masuk ke dalam.

7. Perkuat pengemasan dengan prosedur Packing Kayu

Bagi Anda yang mengirimkan barang elektronik berukuran besar atau beberapa barang elektronik yang digabungkan / konsul sebaiknya pengemasan akhir melakukan packing kayu. Apalagi tujuan pengiriman barang elektronik Anda adalah via laut seperti pengiriman antar pulau. Packing kayu merupakan rekomendasi dari kami agar barang Anda bisa kami pastikan terhindar dari kerusakan.

8. Berikan label setelah selesai packing

Anda bisa menuliskan tulisan apapun (sebagai label) sesuai dengan kondisi yang Anda harapkan misal “Ini posisi atas, jangan dibalik!”. Label akan sangat berguna bagi Anda, memastikan kurir untuk mengetahui bagaimana paket harus ditangani. Lapisi label dengan plastik transparan agar tidak terkelupas.

Sekarang paket Anda sudah siap dikirim. Anda bisa memilih SNG Logistics sebagai jasa pengiriman elektronik terbaik Anda. Kami sediakan packing kayu tambahan dari kayu mahoni dengan harga yang sangat terjangkau. Packing kayu tambahan akan memberikan asuransi keamanan super bagi elektronik Anda. Dengan mempercayakan SNG Logistics, Anda tidak perlu ribet-ribet mengecek resi sendiri karena kami yang akan informasikan lokasi elektronik yang Anda kirimkan secara real-time. Tunggu apalagi! Segera hubungi customer service kami di fitur live chat yang aktif selama 24 jam. Anda bisa memilih customer service kami sesuai dengan lokasi tujuan pengiriman Anda dan mereka akan beritahukan penawaran terbaik untuk pengiriman elektronik Anda.

Tag : Kirim Barang Elektronik, Packing Kayu
Our Customer

Marketing :

Syifa : Jawa, Sumatera, Batam & Bangka Belitung
Yeha : Bali, NTB, NTT, Maluku & Papua
Fela : Sulawesi Selatan & Sulawesi Barat
Levi : Sulut, Sulteng & Sultra
Azaria : All Area Kalimantan
Yuli : Account Project