Panduan Pengiriman

Panduan Pengiriman

Tips Mengirim Barang Melalui Jasa EkspedisiJika Anda ingin mengirim barang melalui jasa ekspedisi, terlebih dahulu pastikan telah melakukan langkah-langkah yang benar. Hal ini berguna untuk menjamin keamanan dan keselamatan barang tersebut hingga tempat tujuan. Nah, berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan.1.Ketahui Syarat dan Ketentuan Pengiriman

Setiap perusahaan jasa ekspedisi biasanya memiliki aturan tersendiri terkait prosedur maupun syarat dan ketentuan pengiriman yang diterapkan. Salah satu contohnya, ukuran produk yang ingin dikirim. Demikian juga soal jenis barang yang diperbolehkan serta cara pengemasan yang tepat.

Selain itu, Anda juga perlu mengetahui tarif dan layanan yang disediakan. Dengan mengetahui hal ini, Anda dapat memanfaatkan keuntungan pengiriman dengan maksimal. Pengiriman pun menjadi lebih efektif dan praktis.

Hal ini juga berkaitan dengan urusan pengiriman barang luar negeri. Biasanya, pengiriman ke luar negeri menerapkan banyak syarat yang harus dipenuhi. Selain karena jaraknya lebih jauh, regulasi yang harus dipenuhi pun bisa jadi berbeda.

2.Lakukan Pengemasan yang Benar

Hal ini terkait dengan keamanan barang tersebut. Barang yang dikirim tentu berbeda-beda karakternya. Ada barang yang termasuk kategori pecah-belah atau mudah rusak. Ada pula yang bersifat cair dan mudah menguap. Nah, untuk itu Anda harus menyesuaikan cara pengemasan yang tepat.

Ada beberapa cara pengemasan yang selama ini digunakan oleh jasa pengiriman barang. Pertama, menggunakan kardus atau boks karton untuk mengemas barang. Kardus ini biasanya digunakan untuk pengemasan pada barang-barang yang tidak mudah rusak. Kardus juga bisa menjadi pelapis tambahan untuk menahan tekanan dari luar karena memiliki lapisan flute dan liner.

Kedua, dengan menggunakan styrofoam. Styrofoam terbuat dari bahan monomer stirena. Ada beberapa bentuk styrofoam, seperti lembaran, box, bahkan jaring-jaring. Sesuaikan saja pilihan itu dengan kebutuhan. Nah, bahan ini dapat digunakan untuk paket seperti buah-buahan, barang elektronik, atau pecah-belah. Karakter bahan ini dapat meredam getaran dan menahan tekanan dari luar. Selain itu, styrofoam bersifat kedap air.

Anda juga bisa memilih bubble wrap untuk menambah keamanan paket kiriman. Karakteristik pembungkus yang satu ini lentur dan aman dari risiko basah. Nah, untuk kualitas keamanan yang lebih baik, pilihan terbaik adalah menggunakan peti kayu. Peti kayu memang lebih aman dari tekanan dari luar, tetapi tidak bisa menahan getaran. Oleh karena itu, paket ini harus dikombinasikan dengan cara lain untuk mencegah terjadinya kerusakan.

3.Berikan Alamat Pengiriman yang Tepat

Supaya tidak terjadi kesalahpahaman dalam proses pengiriman, Anda juga perlu memberikan alamat yang tepat kepada jasa pengiriman paket. Dengan demikian, kiriman tersebut dapat sampai dengan mudah dan cepat ke tangan si penerima. Jika perlu, sertakan pula keterangan tambahan untuk memudahkan proses pengantaran.

4.Simpanlah informasi pengiriman

Biasanya, pengiriman akan disertai dengan informasi yang berisi identitas dan data yang membuat Anda bisa mengenali barang kiriman. Informasi ini dapat berupa kode atau istilah tertentu. Simpanlah bukti ini sebagai bentuk kewaspadaan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, misalnya barang tersebut ternyata belum tiba pada jadwal yang ditentukan.

Jika dimungkinkan, lakukan track pada paket untuk mengetahui posisinya. Untuk semakin memudahkan, Anda juga dapat mendokumentasikan foto paket tersebut sebelum dikirim sehingga bisa dilacak dengan lebih mudah.


View Us :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *